Translate

Tuesday, May 26, 2020

Mimpi dan Analisanya

Apa itu mimpi?





Awalnya mimpi ini merupakan bagian dari peramal, atau ahli nujum dan dukun klenik atau sejenisnya. Para ilmuwan jarang menganggap mimpi itu sebagai tempat yang pantas diberi perhatian karena pada dasarnya dianggap bodoh dan percaya terhadap takhayul, jadi ahli berpendapat bahwasanya mimpi ini adalah produk dari otak yang lelah. Didalam Buku Marxisme dan Psikoanalisis, salah satu seseorang yang bernama Freud memberikan statement tentang bagaimana mimpi menjadi bagian dari tekni psikoanalisisi. Mimpi ini menurut teori psikoanalisis memiliki tujuan umum untuk menepis sesuatu yang mengganggu waktu istrahat atau waktu tidur. Misalnya seseorang yang lagi keadaan sangat lapar yang perutnya terasa perih karena lapar, tentunya ini berperan sebagai stimulus yang mengganggu dan mengancam untuk membangunkannya. Maka dengan itu saya berpikir bahwa orang tersebut sedang membayangkan serta mengenyangkan rasa lapar yang sedang menyelimutinya, dengan demikian tidurnya tetap pulas. Kemudian mimpi mewujudkan pemenuhan keinginan yang tidak pernah terpenuhi didalam dunia kenyataan. Bagian yang terpenting dari teknis analisi ini tertuang dalam proses mengingat kembali mimpi untuk mengetahui bahwa keinginannya telah masuk ke dalam mimpinya.
Didalam presentasi aktual dalam mimpi disebut sebagai isi perwujudan yang mendasari isi terselebung dengan makna mimpi sebenarnya. Dengan ini kita sebagai manusia yang peka terhadap situasi yang terjadi didalam kehidupan kita tentunya selalu mencari yang tersembunyi dibalik mimpi dan ingin mengetahuinya secara dunia nyata. Inti dari artikel ini adalah kita sering mendapatkan pemenuhan keinginan dalam mimpi tentang apa yang ada dalam kehidupan nyata ditolak, memiliki arti sosial yang penting masih harus terus digali sampai sejauh mana peran pentingnya. 

Penulis : Kornelius Laia




5 comments:

Kornelius Laia said...

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca 🙏

Unknown said...

Mantap bosku

Kornelius Laia said...

Terimakasih brokuh 🙏

Kornelius Laia said...

Trimaksih 🙏

Unknown said...

Mantap

Sosok Bung Karno dan Perjuangannya secara singkat

Pada kesempatan saya yakin bahwa kita tidak asing lagi dengan sosok bapak proklamator yaitu Ir. Soekarno, beliau ini pertama Presiden Repu...